Contoh Artikel

0
365

Kepada siapa Contoh Artikel ini ditujukan?

Contoh Artikel ini ditujukan kepada Anda yang sedang mencari bahan atau Contoh Artikel  Kesehatan, Contoh Artikel Teknologi, dan Contoh Artikel Teknologi Komputer dan Contoh Artikel Bahasa Inggris. Jika Anda sedang mencari Contoh Artikel untuk menyelasikan tugas dari sekolah, maka Contoh Artikel ini juga cocok untuk Anda.

Seperti yang tertera pada judul Contoh Artikel, pada Contoh Artikel ini penulis akan mencoba memberikan beberapa Contoh Artikel yang telah penulis rangkum.

Adapun Contoh Artikel yang akan penulis bagikan kepada pembaca diantaranya adalah

  1. Bahasa Inggris.
  2. Kesehatan.
  3. Teknologi.
  4. dan Teknologi Komputer.

Pengertian Artikel

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia arti dari Artikel adalah suatu karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin, dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Jenis Artikel

Jenis Artikel pada umumnya terbagi menjadi 5 bagian, diantaranya adalah:

1. Deskripsi

Karangan ini berisi gambaran mengenai suatu hal/keadaan sehingga pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan hal tersebut.

Contoh deskripsi berisi fakta:

Hampir semua pelosok Mentawai indah. Di empat kecamatan masih terdapat hutan yang masih perawan. Hutan ini menyimpan ratusan jenis flora dan fauna. Hutan Mentawai juga menyimpan anggrek aneka jenis dan fauna yang hanya terdapat di Mentawai. Siamang kerdil, lutung Mentawai dan beruk Simakobu adalah contoh primata yang menarik untuk bahan penelitian dan objek wisata.

Contoh deskripsi berupa fiksi:

Salju tipis melapis rumput, putih berkilau diseling warna jingga; bayang matahari senja yang memantul. Angin awal musim dingin bertiup menggigilkan, mempermainkan daun-daun sisa musim gugur dan menderaikan bulu-bulu burung berwarna kuning kecoklatan yang sedang meloncat-loncat dari satu ranting ke ranting yang lain.
Topik yang tepat untuk deskripsi misalnya: Keindahan Bukit Kintamani, Suasana pelaksanaan, Promosi, Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional, Keadaan ruang praktik, Keadaan daerah yang dilanda bencana.

Langkah menyusun deskripsi:

Tentukan objek atau tema yang akan dideskripsikan, Tentukan tujuan, Tentukan aspek-aspek yang akan dideskripsikan dengan melakukan pengamatan, Susunlah aspek-aspek tersebut ke dalam urutan yang baik, apakah urutan lokasi, urutan waktu, atau urutan menurut kepentingan, Kembangkan kerangka menjadi deskripsi.

2. Narasi

Secara sederhana narasi dikenal sebagai cerita. Pada narasi terdapat peristiwa atau kejadian dalam satu urutan waktu. Di dalam kejadian itu ada pula tokoh yang menghadapi suatu konflik. Narasi dapat berisi fakta atau fiksi.

Contoh narasi yang berisi fakta:

  1. biografi
  2. autobiografi
  3. atau kisah pengalaman.

Contoh narasi yang berupa fiksi:

  1. novel.
  2. cerpen.
  3. cerbung ataupun cergam.

Pola narasi secara sederhana:
awal – tengah – akhir
Awal narasi biasanya berisi pengantar yaitu memperkenalkan suasana dan tokoh.
Bagian awal harus dibuat menarik agar dapat mengikat pembaca.
Bagian tengah merupakan bagian yang memunculkan suatu konflik. Konflik lalu diarahkan menuju klimaks cerita. Setelah konfik timbul dan mencapai klimaks, secara berangsur-angsur cerita akan mereda.
Akhir cerita yang mereda ini memiliki cara pengungkapan bermacam-macam. Ada yang menceritakannya dengan panjang, ada yang singkat, ada pula yang berusaha menggantungkan akhir cerita dengan mempersilakan pembaca untuk menebaknya sendiri.

Contoh narasi berisi fakta:

Ir. Soekarno
Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjara dan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah.
Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949.

Contoh narasi fiksi:

Aku tersenyum sambil mengayunkan langkah. Angin dingin yang menerpa, membuat tulang-tulang di sekujur tubuhku bergemeretak. Kumasukkan kedua telapak tangan ke dalam saku jaket, mencoba memerangi rasa dingin yang terasa begitu menyiksa.
Wangi kayu cadar yang terbakar di perapian menyambutku ketika Eriza membukakan pintu. Wangi yang kelak akan kurindui ketika aku telah kembali ke tanah air. Tapi wajah ayu di hadapanku, akankah kurindui juga?

Langkah menyusun narasi (fiksi):

Langkah menyusun narasi (fiksi) melalui proses kreatif, dimulai dengan mencari, menemukan, dan menggali ide. Cerita dirangkai dengan menggunakan “rumus” 5 W + 1 H. Di mana seting/ lokasi ceritanya, siapa pelaku ceritanya, apa yang akan diceritakan, kapan peristiwa-peristiwa berlangsung, mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi, dan bagaimana cerita itu dipaparkan.

3. Eksposisi

Karangan ini berisi uraian atau penjelasan tentang suatu topik dengan tujuan memberi informasi atau pengetahuan tambahan bagi pembaca. Untuk memperjelas uraian, dapat dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik.

Contoh:

Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang pokok, yaitu akuntansi dan auditing. Dalam bidang akuntasi, pekerjan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, juga perencanaan sistem informasi akuntansi yang digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.
Dalam bidang auditing pekerjaan akuntan berupa pemeriksaan laporan keuangan secara objektif untuk menilai kewajaran informasi yang tercantum dalam laporan tersebut.
Topik yang tepat untuk eksposisi, antara lain: Manfaat kegiatan ekstrakurikuler Peranan majalah dinding di sekolah Sekolah kejuruan sebagai penghasil tenaga terampil. Tidak jarang eksposisi berisi uraian tentang langkah/ cara/ proses kerja.

Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses.

Contoh paparan proses:

Cara mencangkok tanaman:

  1. Siapkan pisau, tali rafia, tanah yang
    subur, dan sabut secukupnya.
  2. Pilihlah ranting yang tegak, kekar, dan
    sehat dengan diameter kira-kira 1,5
    sampai 2 cm.
  3. Kulit ranting yang akan dicangkok dikerat
    dan dikelupas sampai bersih kira-kira
    sepanjang 10 cm.

Langkah menyusun eksposisi:

  1. Menentukan topik/ tema
  2. Menetapkan tujuan
  3. Mengumpulkan data dari berbagai sumber
  4. Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
  5. Mengembangkan kerangka menjadi karangan eksposisi.

4. Argumentasi

Karangan ini bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/ kesimpulan dengan data/ fakta sebagai alasan/ bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut.

Contoh:

Jiwa kepahlawanan harus senantiasa dipupuk dan dikembangkan karena dengan jiwa kepahlawanan. Pembangunan di negara kita dapat berjalan dengan sukses. Jiwa kepahlawanan akan berkembang menjadi nilai-nilai dan sifat kepribadian yang luhur, berjiwa besar, bertanggung jawab, berdedikasi, loyal, tangguh, dan cinta terhadap sesama. Semua sifat ini sangat dibutuhkan untuk mendukung pembangunan di berbagai bidang.

Tema/ topik yang tepat untuk argumentasi, misalnya: Disiplin kunci sukses berwirausaha Teknologi komunikasi harus segera dikuasai Sekolah Menengah Kejuruan sebagai aset bangsa yang potensial Langkah menyusun argumentasi: Menentukan topik/ tema Menetapkan tujuan Mengumpulkan data dari berbagai sumber Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih Mengembangkan kerangka menjadi karangan argumentasi.

5. Persuasi

Karangan ini bertujuan mempengaruhi pembaca untuk berbuat sesuatu. Dalam persuasi pengarang mengharapkan adanya sikap motorik berupa motorik berupa perbuatan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam karangannya.

Topik/ tema yang tepat untuk persuasi, misalnya: Katakan tidak pada NARKOBA Hemat energi demi generasi mendatang Hutan sahabat kita Hidup sehat tanpa rokok Membaca memperluas cakrawala Langkah menyusun persuasi: Menentukan topik/ tema Merumuskan tujuan Mengumpulkan data dari berbagai sumber Menyusun kerangka karangan Mengembangkan kerangka karangan menjadi karangan persuasi.

Contoh Artikel Bahasa Inggris

Tips to Help You Buy a Laptop Power Charger

Theoretically speaking, a laptop charger should stand the test of time. However, in reality, they don’t last that long. They may get damaged or stolen, for instance. If your charger is not working, you won’t be able to charge or use your laptop. So, it’s important that you get a new one from a nearby office supply store or electronics/computer shop. You can also buy them online. Given below are a few tips that can help you opt for the right one.

Don’t Opt for a Universal Power Charger

While the universal charger is a good choice, it may not perform to your satisfaction. This type of charger supports a lot of models but their components can’t meet the specific power requirements of some laptops. Typically, the problems are related to fit, power tips, price, and voltage. So, it’s better to get a branded one.

Don’t Buy a Solar Charger

Solar chargers are eco-friendly and efficient. There is a difference between these and OEM models. Although they can be safely used with most types of machines, we can’t say for sure if they can work with all models.

Don’t Go for a Cheap unit

Buying a cheap charger is not a good idea as it won’t stand the test of time. In addition, cheap models tend to overheat the computer due to the inconsistency of power inflows. Therefore, they can’t be considered a good solution.

Don’t opt for Another Brand

If you choose a charger of a different brand, chances are that it won’t fit. Due to low or high voltage, it may cause problems even if you manage to connect it to your device.

Go for The Recommended Charger

Make sure you opt for the right type of charger. You can get this type of information from a number of different places, such as your laptop bottom, old charger box, and the website of the manufacturer. If you are going to buy online, the item’s specs can help you get this information.

Do Opt for an OEM unit

Ideally, most experts suggest that you get an Original Equipment Manufacturer (OEM) unit as it’s designed for the type and model of the computer you own. It can be hard to opt for the OEM unit. So, it’s better to order online. Often, online stores have a huge selection of products that you can buy at competitive prices.

Choose a Generic Charger if you can’t get an OEM one

If you want to buy a unit that is not designed for your own model, make sure the unit you want to buy is safe. Typically, they are compatible and safe to use. Although a generic unit may help you save a lot of money, it may not have enough power. Therefore, we suggest that you find out the power requirement of your charger before you get a unit.

Long story short, if you are going to buy the right charger for your laptop, we suggest that you consider the do’s and don’ts mentioned in this article. Hope this helps.

Contoh Artikel Teknologi

Ilmuwan Asing Temukan Lebah Raksasa di Indonesia

Tim peneliti yang terdiri dari ahli ilmu burung, ahli ilmu serangga, dan ahli ekologi perilaku menemukan lebah terbesar di dunia yang ada di Maluku Utara. Lebah yang memiliki ukuran sebesar ibu jari orang dewasa ini sempat dinyatakan punah.

Clay Bolt, Eli Wyman, dan Glenn Chilton menghabiskan waktu selama bertahun-tahun mempelajari dan mengumpulkan informasi soal lebah raksasa Wallace dari penelitian Adam Messer sebelum menyambangi Maluku Utara.

Mereka juga mengumpulkan informasi tentang habitat dan perilaku lebah lewat citra satelit sebelum turun ke lapangan.

temuan ini memperbesar harapan spesies penghuni hutan liat yang berada di ambang kepunahan. International Union for Conservation of Nature mengklasifikasikan lebah ini dalam kelompok rentan akibat adanya penambangan dan penggalian di hutan.

Tercatat hanya ada dua peneliti beruntung yang pernah berjumpa sebelumnya dengan lebah raksasa bernama latin Megachile Pluto ini. Pertama, adalah naturalis Inggris Alfred Russel Wallace pada 1958 saat mengeksplor pulau Bacan, Maluku Utara. Kedua, adalah ahli entomologi Adam Messer pada 38 tahun lalu, tepatnya pada 1981.

Proses pencarian

Tim mencari dari satu sarang ke sarang lainnya di hutan dan pulau-pulau terpencil di Maluku Utara. Dibantu pemandu lokal, para peneliti berhasil menemukan lebah raksasa ini di dalam gundukan di tengah hutan setelah melakukan pencarian selama lima hari.

Bolt yang sempat naik ke pohon dan melihat lebih dekat sarang lebah mendapati seekor lebah raksasa. Ia kemudian memastikan telah melihat seekor lebah raksasa di dalam sarang tersebut.

“Itu adalah momen yang luar biasa,” imbuh Bolt yang mengatakan timnya kemudian mengabadikan lebah itu.

Kendati terdengar menakutkan bagi orang awam, namun tim peneliti justru butuh waktu beberapa jam lantaran lebah jenis ini tergolong pemalu

Simon Robson, ahli ekologi yang terlibat dalam misi mengatakan lebah raksasa ini tidak terlalu agresif.

Contoh Artikel Kesehatan

Terapi Laser, Cara Atasi Katarak Tanpa Bedah

Hidup di negara tropis termasuk Indonesia membuat penduduknya kaya akan ‘siraman’ sinar matahari.

Namun sinar matahari ini memiliki keuntungan sekaligus kerugian tersendiri bagi kesehatan. Bicara soal kerugian, sinar matahari berarti juga terpapar sinar ultraviolet yang berbahaya untuk kulit.

Tak cuma bahaya untuk kulit, nyatanya sinar ultraviolet ini juga jadi faktor risiko timbulnya katarak. Katarak terjadi saat kondisi lensa mata keruh sehingga mengganggu aktivitas bahkan kebutaan.

Dokter Setiyo Budi Riyanto, Kepala Bedah Refraktif sekaligus Direktur Utama Jakarta Eye Center (JEC) Menteng menuturkan, buta tak selalu penglihatan jadi gelap total. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), lanjut dia, buta merupakan kondisi penglihatan yang terbatas maksimal tiga meter.

“Terakhir menurut Kementerian Kesehatan, jumlah kasus kebutaan sebanyak 2,25 persen dari total jumlah penduduk di Indonesia dan ini akibat katarak,” kata pria yang akrab disapa Budi ini di JEC Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).

Katarak juga bisa digolongkan sebagai penyakit degeneratif karena berkaitan dengan usia. Namun Budi menampik jika penyakit ini sepenuhnya akibat dari pertambahan usia. Sebab, seiring berjalannya waktu usia pasien yang mengalami keluhan katarak semakin muda.

Katarak dulu dialami mereka yang berumur kepala enam. Kini yang kepala lima pun juga sudah mengalami katarak. “Mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan (dan tidak mengenakan kacamata antisinar UV) kena di umur kepala empat,” imbuh dia.

Akan tetapi, pasien katarak tak perlu khawatir apalagi takut dengan prosedur terapi katarak. Dengan laser, masalah katarak bisa diatasi tanpa melibatkan pisau bedah.

Budi menuturkan, teknologi laser untuk bedah katarak dipraktikkan di dunia kesehatan mata sejak 2007 silam. Kemudian baru pada 2012 teknologi ini masuk ke Indonesia khususnya JEC Kedoya, Jakarta Barat. Hingga kini, rumah sakit ini diklaim sebagai satu-satunya rumah sakit yang menyediakan terapi laser.

Operasi katarak berbasis laser atau Femtosecond Laser-Assisted Cataract Surgery (FLACS) adalah operasi tanpa pembedahan dengan pisau, tindakan cepat, minim risiko dan proses penyembuhannya cepat. Tindakan FLACS setidaknya butuh waktu sekitar 10-15 menit.

Pasien terlebih dahulu dibius topikal atau tetes, baru mata kemudian diblok dengan suatu alat. Mulai dari sini komputer bekerja memindai informasi mata pasien termasuk ketebalan kornea, kapsul lensa dan mengunci letak kapsul lensa.

Karena katarak berkaitan dengan kondisi keruh pada lensa mata atau tepatnya massa lensa, maka pertama laser bertugas membuat insisi atau luka pada kapsul lensa sebagai jalan masuk alat. Tugas kedua, laser akan memotong massa lensa yang keruh menjadi enam bagian. Alat kemudian masuk, menghancurkan massa lensa dan diaspirasi (dihisap).

Tahap terakhir, dokter akan memasang lensa tanam atau intraocular lens (IOL). Lensa ini jadi lensa baru pasien sehingga pasien bisa melihat dengan jernih.

Setelah operasi, mata pasien tidak ditutup perban. Pasien sudah bisa melihat seperti biasa. Hanya saja, kata Budi, mungkin ada rasa mengganjal karena produksi air mata berkurang drastis setelah tindakan.

“Saat mengedip, rasanya ada yang mengganjal, tidak apa-apa, itu diberi tetes mata saja,” kata Budi.

Pascaoperasi, pasien akan beristirahat selama kurang lebih 1-2 jam lalu diperbolehkan untuk kembali dan beraktivitas. Lensa tanam sudah dilengkapi korektor yang membantu pasien melihat jarak dekat, medium dan jarak jauh.

Jika ini operasi manual, pasien akan memerlukan korektor berupa kacamata untuk membantu pasien membaca karena lensa berjenis monofokal. Kini penggunaan lensa multifokal memungkinkan koreksi untuk semua masalah baik minus, plus dan silinder.

Hal ini tak akan didapat jika pasien melakukan operasi manual. Proses operasi melibatkan pisau bedah sehingga ada jahitan pascaoperasi. Operasi manual pun memiliki risiko infeksi dan astigmatisma atau silinder. Ini pun berimbas pada biaya tindakan sebesar Rp28-30 juta per mata. Namun, tampaknya ini sepadan.

“Yang penting, setelah operasi (FLACS) mata jangan sampai terkena air. Aktivitas apapun boleh, main ponsel, nonton televisi, aktivitas luar ruangan boleh. Mengucek pun boleh asal tidak berlebihan,” ujarnya.

Diatas adalah beberapa Contoh Artikel yang berkaitan tentang Contoh Artikel Bahasa Inggris, Contoh Artikel Kesehatan, Contoh Artikel Teknologi, dan Contoh Artikel Teknologi Komputer.